Iklan Sponsor :

Program Kelas Akselerasi Untuk Anak

Iklan Sponsor :



Pernahkah bunda dengar tentang kelas Akselerasi sebelumnya? Kelas Akselerasi merupakan sistem pendidikan terpadu yang memungkinkan si Kecil masuk sekolah lebih cepat dari umur yang diperbolehkan pada umumnya. Kelas ini memungkinkan si Kecil untuk menempuh masa pendidikan lebih cepat. Misalnya, menempuh sekolah dasar dalam waktu 5 tahun, atau sekolah menengah dipercepat menjadi dua tahun.
Menurut psikolog yang bergelut di dunia anak dan pendidikan, Rose Mini, yang akrab disapa Bunda Romy, kelas akselerasi sebaiknya ditujukan bagi anak berbakat. Jadi boleh-boleh saja Bunda berharap si Kecil bisa mengikuti program semacam ini. Mungkin saja si Kecil yang cemerlang ternyata juga anak berbakat.
Rose Mini menyebutkan, anak berbakat yang bisa ikut serta kelas akselerasi biasanya disyaratkan memiliki tiga kriteria utama: punya IQ di atas rata-rata (biasanya di atas 130), punya motivasi belajar di atas rata-rata, dan punya kreativitas di atas rata-rata.
“Pintar dan juara kelas belum tentu cocok masuk kelas akselerasi. Karena mungkin saja cara belajar si Pintar yang tekun kurang cocok dengan kelas akselerasi yang perlu kreativitas tinggi. Begitu juga dengan anak ber-IQ tinggi, ia belum tentu bisa begitu saja masuk kelas akselerasi bila motivasi belajarnya rendah,” ujar Romy.

Sumber: Parenting

Masukan email anda untuk mendapatkan Resep Terbaru ke email anda GRATIS: