Iklan Sponsor :

Merawat Gigi Si Kecil

Iklan Sponsor :



Dear Bunda, Bagi si Kecil cokelat, permen dan berbagai makanan manis adalah makanan favoritnya. Namun, konsumsi makanan manis terlalu sering dapat menyebabkan gigi si Kecil rusak. Sedangkan, melarang si Kecil untuk tidak mengkonsumsi makanan tersebut bukanlah hal mudah. Agar kesehatan gigi si Kecil tetap terjaga meskipun ia suka sekali dengan makanan manis, Bunda perlu mengetahui cara merawat gigi anak yang tepat.


Salah satunya dengan mengajarkan buah hati Bunda rajin merawat gigi sejak kecil, agar saat ia tumbuh dewasa memiliki gigi yang sehat dan bagus. Pasalnya, jika gigi tak dirawat sejak kecil, saat dewasa nanti, giginya akan lebih rentan terserang penyakit, seperti gigi bolong.
Nah, berikut bebeapa tips dan cara merawat gigi si Kecil sejak dini:

  • Menggosok gigi secara bersama
Mulailah mengajak si Kecil menggosok gigi sendiri, sejak saat ia berusia 2-3 tahun. Bunda bisa menciptakan kebiasaan menggosok gigi bersama sebelum tidur, tujuannya adalah agar anak Bunda dapat melihat langsung, bagaimana cara menggosok gigi dan dapat dengan mudah diikuti. Ini dikarenakan, pada usia tersebut anak-anak sudah mulai bisa mencontoh apa yang dilakukan orangtuanya.
  • Memilih sikat gigi yang tepat
Dalam memilih sikat gigi, pilihlah dengan cermat sikat gigi yang sesuai dengan usia si kecil, yaitu yang memiliki gagang lebar dan berbulu sikat rata. Bagian gagangnya pun sebaiknya dicari yang sesuai dengan telapak tangan anak Bunda yang masih kecil.
  • Kurangi makanan dan minuman manis
Makanan dan minuman manis memang sangat disukai oleh anak-anak. Tetapi, kandungan gula pada makanan manis justru dapat membuat gigi si Kecil menjadi rusak. Karena itu, Bunda dapat menyiasatinya dengan memberikan jus buah atau puding sebagai pengganti permen dan cokelat.
  • Rutin periksa ke dokter gigi
Rutinlah memeriksakan gigi anak setiap enam bulan sekali dengan dokter gigi, dimulai sejak anak Bunda memasuki usia satu tahun. Ini bertujuan agar permasalahan gigi yang dialami si kecil dapat ditangani sejak dini.

Masukan email anda untuk mendapatkan Resep Terbaru ke email anda GRATIS: