Iklan Sponsor :

Menjadi Teman Untuk Anak

Iklan Sponsor :



“Anak-anak tidak pernah baik dalam mendengarkan orang yang lebih tua. Namun anak-anak tidak pernah gagal dalam meniru orang yang lebih tua". James Baldwin
Si Kecil ibarat spons yang menyerap semua yang ada di sekelilingnya. Ketahuilah, apa yang diserap itu akan menjadi fondasi penting dalam pembentukan kepribadiannya kelak. Untuk itu, Ayah dan Bunda jangan pernah menyerah untuk selalu memberikan teladan dan contoh positif agar si Kecil memiliki pribadi yang hebat dan luar biasa 

Pergaulan anak di jaman sekarang ini memang memiliki budaya yang begitu banyak berubah. Bahkan terasa sangat sulit untuk membedakan mana pergaulan yang benar dan salah. Ayah/ Bunda tentu merasa kesulitan untuk mengawasi pergaulan buah hatinya, belum lagi kesibukan Ayah / Bunda yang membuat anak makin terasa jauh. Nah Bunda, agar si Kecil bisa dekat dan terbuka dengan Ayah/Bunda nya, berikut mimin share tips dan caranya :
  • Hindari terlalu mengontrolnya 
Salah satu kekeliruan yang kerap dilakukan oleh orangtua adalah berupaya mengatur si Kecil dalam segala hal. Adakalanya Ayah / Bunda terlalu mengontrol si Kecil. Sikap itu membuat si Kecil merasa takut, hingga membuatnya tidak pernah terbuka di depan Ayah/Bunda. Anak-anak berupaya menaruh sendiri permasalahannya, serta tidak mau membaginya dengan orangtua. Jadi untuk dapat jadi rekan paling baik bagi buah hati, Ayah & Bunda jangan terlalu mengontrolnya.
  • Berlaku tegas namun tidak perlu berteriak 
Bila si Kecil melakukan kekeliruan, itu artinya dia memerlukan bimbingan Bunda. Jadi, janganlah berteriak atau menakuti-nakutinya saat berbuat salah. Demikian sebaliknya, berlakulah sabar serta terangkan pada si Kecil apa yang benar serta salah. Sikap ini pasti bakal membuat merasa lebih dicintai.
  • Pahami pilihan anak
Ayah dan Bunda adalah orang yang paling mengerti anaknya. Memahami pilihan si Kecil seperti kegiatan atau kesukaannya, merupakan bentuk menghargai anak dan memperlakukannya sebagai individu yang spesial.
  • Berikan surprise
Sangatlah penting untuk memberikan kejutan pada si Kecil. Namun, jangan jadikan ini sebagai rutinitas yah, Bun. Berikanlah kejutan pada saat-saat tertentu, misalnya pada saat si Kecil sedang tidak menginginkan apapun, justru Ayah dan Bunda memberikan kejutan. Si Kecil pasti akan sangat menikmati peristiwa istimewa ini.
  • Luangkan waktu untuk anak 
Buat si Kecil merasa bahwa Bunda senantiasa ada untuk dia. Bunda harus membuatnya merasa aman secara emosional, hingga si Kecil bisa menjadi lebih terbuka pada Bunda.

Sumber: kesekolah.com

Masukan email anda untuk mendapatkan Resep Terbaru ke email anda GRATIS: