Iklan Sponsor :

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Bayi

Iklan Sponsor :



Minyak zaitun sudah sangat terkenal akan manfaatnya selama ribuan tahun. Bagi orang dewasa, minyak ini seringkali digunakan untuk perawatan kulit. 

Minyak zaitun mengandung banyak vitamin E yang membantu melawan penyakit kanker dan jantung. Selain itu, minyak ini juga membantu program diet yang menghindari lemak jahat. Kandungan polifenolnya dapat membantu melindungi tubuh Anda dari kerusakan sel. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun, maka dapat membantu melindungi Anda dari bahaya berbagai penyakit kanker seperti kanker usus besar, rahim, payudara, kulit, dan paru-paru. 

Namun, apakah minyak zaitun bermanfaat untuk bayi juga?

Minyak Zaitun Untuk Kulit Bayi

Minyak zaitun banyak digunakan untuk memijat bayi. Akan tetapi, menurut penelitian, minyak zaitun bukanlah cara terbaik untuk perawatan kulit. Sebaiknya jangan menggunakan minyak zaitun pada bayi yang memiliki kulit kering dan kulit pecah-pecah.

Rendahnya kandungan asam linoleat (sejenis asam lemak) pada minyak zaitun bermanfaat untuk memperkuat pertahanan kulit. Sedangkan kandungan asam oleat yang tinggi pada minyak zaitun dapat menyebabkan lapisan kulit bayi mudah ditembus partikel dari luar tubuh. Artinya, pertahanan kulit bayi Anda terbuka.

Jika kulit bayi Anda terkena eksim, maka minyak zaitun akan memperburuk keadaan. Bayi yang baru lahir belum membutuhkan lotion untuk kulitnya.

Jadi, minyak zaitun tidak direkomendasikan untuk digunakan pada kulit bayi. Alasannya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minyak zaitun baik untuk kulit bayi.

Minyak Zaitun Untuk Makanan Bayi

Bayi yang boleh mengkonsumsi makanan dengan campuran minyak zaitun adalah yang berusia enam (6) bulan ke atas. Minyak zaitun sangat baik untuk bayi karena lebih sehat daripada minyak lain. Sebaiknya berikan si kecil minyak zaitun murni. Minyak zaitun mengandung asam lemak yang baik untuk otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi.

Jika bayi Anda sudah makan makanan padat, Anda bisa memberikannya makanan dengan minyak zaitun. Bayi yang mengalami sembelit akan terbantu dengan mengkonsumsi minyak zaitun. 

Masukan email anda untuk mendapatkan Resep Terbaru ke email anda GRATIS: