Iklan Sponsor :

Bagaimana Caranya Agar Bayi Bisa Tidur Nyenyak?

Iklan Sponsor :



Banyak orang tua akan mengalami kurang tidur di dua minggu pertama setelah bayi lahir. Bagi orang tua yang baru memiliki anak pertama, mungkin akan mengalami kebingungan jika bayi tidak  bisa tidur. 

Perlu diketahui bahwa bayi sering bangun di malam hari karena waktu tidurnya lebih pendek dari orang dewasa. Inilah yang seringkali membuat orang tua tidak peka karena mereka langsung pergi tidur. Anda dan keluarga pasti tidak ingin terganggu terus menerus. Oleh karena itu, diperlukan solusi supaya si bayi dan orang tua bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

Pertama, mandikan si bayi sebelum tidur agar ia bisa rileks dan tenang. Setelah mandi, gendonglah bayi Anda dan dekaplah dengan penuh kasih sayang untuk membuatnya lebih rileks.

Kedua, pahami bayi Anda. Memahami bayi Anda bukan hanya merupakan kegiatan yang mengedukasi tapi juga cara yang baik agar bayi cepat tidur. Suara yang menenangkan mampu membantu bayi lekas tidur. Bayi Anda sudah mengenali suara Anda semenjak masih di dalam rahim. Itu sebabnya suara Anda membawa suasana yang rileks dan menenangkan untuk si kecil.

Ketiga, pijat bayi. Berikan pijatan ringan untuk si kecil. Orang dewasa senang dipijat, begitu pula dengan bayi. Pijatlah bayi Anda dengan lembut supaya si kecil merasa rileks.

Keempat, tidur siang secara rutin. Bayi yang kurang tidur lebih sering terbangun di malam hari. Biarkan bayi Anda tidur siang ketika ia lelah. Cara ini dapat membantunya tidur lebih baik di malam hari.

Kelima, berikan kesempatan bagi bayi Anda untuk tidur sendiri. Jika Anda membiarkan bayi Anda beberapa menit maka ia asekan ring melakukannya. Bayi yang tidur sendiri akan menciptakan kebiasaan tidur yang baik. Tentu saja, Anda bisa menemani bayi Anda tidur walaupun tidak sering.

Penting bagi Anda untuk menjalani rutinitas secara konsisten. Bila Anda menggunakan rutinitas di atas dengan konsisten, maka Anda akan mendapatkan waktu tidur yang lebih lama. Tentu saja, bayi Anda akan tidur lebih cepat dan lebih baik setiap waktu.

Akan tetapi, bila Anda sudah melakukan rutinitas tersebut dan masih memiliki masalah dengan bayi Anda, silakan konsultasi ke dokter ahli untuk mendapatkan saran terbaik.

Masukan email anda untuk mendapatkan Resep Terbaru ke email anda GRATIS: