Iklan Sponsor :

Inilah Nutrisi Penting Bagi Perkembangan Kecerdasan Sang Buah Hati

Iklan Sponsor :



Nutrisi Sehat Untuk anak
Nutrisi Penting Untuk Kecerdasan Anak - Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan si buah hati, yang paling berpengaruh penting adalah faktor genetik ( keturunan ), faktor lingkungan yang baik, serta faktor asupan gizi yang seimbang.

Kecerdasan anak dapat dikembangkan dengan dukungan faktor genetis dan dirangsang oleh lingkungan disekitar yang baik secara terus menerus. Faktor genetis dan lingkungan saja tidak akan cukup untuk merangsang kecerdasan otak si anak tanpa didukung oleh asupan gizi dan nutrisi yang cukup. Pemberian nutrisi yang lengkap dan seimbang sejak di dalam kandungan hingga usia 3 tahun, maka akan semakin banyak jumlah sel-sel otak bayi yang terbentuk. Semakin bagus kualitas percabangan sel-sel otak, dan semakin bagus fungsi sinaps antara sel-sel otak bayi dan balita.

Karena tumbuh kembang otak yang terjadi sejak usia kehamilan 6 bulan sampai buah hati  berumur 2 tahun sangat cepat, maka bayi membutuhkan banyak protein, karbohidrat dan lemak. Saat bayi berumur 1 tahun, 60% enerji makanan bayi digunakan untuk pertumbuhan otak. Secara umum, bayi dan balita membutuhkan vitamin B1, B6, asam folat, yodium, zat besi, seng, AA, DHA, sphyngomyelin, sialic acid, dan asam-asam amino seperti tyrosine dan tryptophan. Untuk memenuhi gizi dan nutrisi balita, sebenarnya ASI sudah mengandung semua kebutuhan nutrisi tersebut, termasuk AA, DHA, sphyngomyelin dan sialic acid.

Beberapa Nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembangnya kecerdasan anak diantaranya adalah :

1. AA (Arachidonic acid) dan DHA (Docosahexanoid acid) 
AA dan DHA sangat bermanfaat untuk pembentukan sistem saraf pusat dan fungsi visual ( penglihatan ). DHA berperan dalam pembentukan sel-sel saraf dan synapse / cabang sel saraf.

AA dan DHA termasuk golongan long chain polyunsaturated fatty acid (LC PUFA), yaitu golongan asam lemak esensial, di mana asam lemak tidak bisa dibentuk oleh tubuh melainkan harus didapat dari luar. AA dan DHA bisa ditemukan dalam ASI. Zat ini juga bisa didapatkan dalam ikan tuna, salmon, makarel, sarden, daging dan telur.

2. Asam lemak omega 3, Omega 6, Omega 9
Asam-asam lemak omega-3 sangat penting bagi kesehatan kita. Bahkan sering disebut sebagai yang paling penting di antara asam-asam lemak karena memiliki efek anti peradangan dan anti penggumpalan darah. Asam lemak omega 3, 6, 9 sangat penting untuk membentuk pembungkus syaraf serta sangat baik bagi sistim saraf pusat dan otak.

3. Asam amino 
Asam amino berfungsi untuk membentuk struktur otak dan zat penghantar rangsang (zat neurotransmitter) pada sambungan sel syaraf dan diperlukan untuk menjaga keseimbangan dalam sistem saraf pusat.

4. Tyrosine. 
Tyrosine merupakan asam amino penting, karena sebagai bahan baku pembuat neurotransmitter katekolamin dan serotonin yang mempengaruhi pengendalian diri, pemusatan perhatian (konsentrasi), emosi serta perilaku anak.

5. Vitamin B. 
Vitamin B dapat membantu perkembangan otak dan mengaktifkan fungsi sel otak untuk meningkatkan memori. Jika terjadi penurunan memori otak, ini sering kali dikaitkan kekuranganya Vitamin B. Sumber vitamin B Kompleks bisa diperoleh dari makanan seperti, daging, telur dan bayam

6. Zat Besi. 
Zat besi merupakan unsur penting dalam produksi dan pemeliharaan mielin serta mempengaruhi aktivitas saraf. Zat ini dapat membantu kinerja enzim yang sangat penting untuk perangsangan saraf.

7. Yodium. 
Kekurangan zat yodium dapat menyebabkan tinkat rendahnya kecerdasan anak. Fungsi Yodium di dalam tubuh yaitu sebagai pembentuk hormon di dalam kelenjar tiroid.

8. Seng (Zinc). 
Seng / zinc dibutuhkan sebagai pembelahan dan kemampuan membran sel-sel otak. Zatzinc / seng merupakan unsur zat yang terdapat dalam tubuh dengan jumlah kecil, akan tetapi sangat dibutuhkan.

9. Vitamin E. 
Vitamin E sudah dikenal baik untuk kulit dan rambut. Mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin E juga dapat meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Vitamin ini dikenal sebagai bahan antioksidan yang dapat menghambat perkembangan tahap pertama dari penyakit Alzeimer.

Kebutuhan nutrisi yang cukup dan seimbang akan meningkatkan kecerdasan otak anak. Jadi, berikan asupan gizi yang cukup untuk buah hati anda dan perhatikan perkembangan anak dengan pendidikan yang baik agar tingkat intelijen anak tumbuh dengan baik.



Masukan email anda untuk mendapatkan Resep Terbaru ke email anda GRATIS: