Iklan Sponsor :

Sindrom Baby Blues

Iklan Sponsor :



Melahirkan adalah proses yang sangat melelahkan secara fisik maupun mental. Apalagi perubahan hormonal yang dialami Mama setelah melahirkan bisa ‘mengagetkan’ tubuh Mama. Sebagai akibatnya, Mama bisa mengalami baby blues syndrome atau bahkan post-partum depression.

Baby blues syndrome adalah depresi ringan yang dimulai beberapa hari sampai 1 minggu setelah melahirkan dan berlangsung tidak lebih dari 2 minggu. Bila Baby blues syndrome berlangsung selama lebih dari 2 minggu, yang Mama alami bisa jadi merupakan post-partum depression (PPD).  Seorang Mama bisa dikatakan mengalami sindrom Baby Blues bila mengalami gejala berikut:

- Depresi ringan, sering menangis ataupun marah tanpa sebab
- Lelah berlebihan dan tidak semangat beraktivitas
- Sulit tidur dan mudah terjaga di malam hari
- Tidak ada nafsu makan dan berat badan menurun
- Atau sebaliknya, selalu merasa lapar sehingga berat badan meningkat drastis
- Sulit berkonsentrasi
- Merasa bersalah secara berlebihan
- Serangan panik
- Terpikir untuk menyakiti diri sendiri dan/atau bayi
Perhatikan dan antisipasi setiap perubahan emosional yang Mama alami. Mama harus bisa membedakan perubahan emosi yang normal terjadi setelah melahirkan dengan post-partum depression. (PPD). Perhatikan frekuensi, intensitas, dan durasi gejala yang terjadi pada Mama. Selama masa awal setelah melahirkan, sangat wajar bila Mama merasa sedih atau tidak pasti. Tapi bila Mama menangis sepanjang hari selama beberapa hari berturut-turut, sebaiknya Mama menghubungi dokter Mama, terutama bila gejala telah berlangsung selama 2-3 minggu.

Sebenarnya PPD bisa diatasi dengan beberapa langkah sederhana. Bersikaplah terbuka kepada pasangan dan keluarga Mama mengenai masalah Mama. Jangan ragu untuk meminta bantuan dalam melakukan pekerjaan rumah ataupun untuk mengasuh si kecil. Selalu ingat bahwa walaupun Mama masih memerlukan bantuan orang lain dalam mengasuh si kecil, bukan berarti Mama bukanlah ibu yang baik.



Sumber: www.babycenter.com, http://en.wikipedia.org/wiki/Baby_Blues

Masukan email anda untuk mendapatkan Resep Terbaru ke email anda GRATIS: